Jumat, 24 Februari 2017

Apakah Penyakit Hepatitis Bisa Menular?

Hepatitis merupakan gangguan pada hati yang disebabkan karena infeksi. Hepatitis sendiri berarti peradangan atau pembengkakan hati yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti : virus hepatitis, alkolol, obat-obatan terlarang, racun dan makanan penyebab radang lainnya.



Penyakit hepatitis dan menyebabkan seluruh tubuh menjadi kuning. Hal itu dikarenakan penderita hepatitis mengalami keruasakan pada sel hatinya, sehingga zat warna empedu beredar keseluruh tubuh. Akibatnya, warna tubuh menjadi kekuningan. Maka dari itu, penyakit hepatitis banyak juga orang menyebutnya dengan penyakit kuning.

Namun pertanyaannya adalah, apakah hepatitis bisa menular atau tidak ?


Penyakit hepatitis DAPAT MENULAR menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi, lewat jarum suntik serta kondisi lingkungan yang tidak sehat. Toilet dan wastafel yang digunakan oleh orang yang terinfeksi adalah contoh sarana yang bisa menularkan virus hepatitis.

Selain itu, Hepatitis juga bisa menular melalui :

  • Penularan Hepatitis Melalui Transfusi Darah
  • Penularan Hepatitis Melalui Penggunaan Barang Bersama
  • Penularan Hepatitis Melalui Hubungan Seksual

Meskipun penyakit hepatitis bisa menular, Namun dapat Anda lakukan pencegahan mulai dari kebersihan diri sendiri ataupun lingkungan bersama Untuk itu, Lakukan Cara ini Untuk Pencehan Menularnya Virus Hepatitis

  1. Jaga kebersihan dan hindari kondisi hidup yang tidak sehat. 
  2. Melaksanakan gaya hidup dan diet makanan sehat bergizi seimbang 
  3. Berhati-hati, terutama ketika Anda minum dan berenang di daerah di mana sanitasinya buruk dan kualitas airnya tidak pasti. 
  4. Jangan makan kerang dari laut atau sungai yang tercemar limbah. 
  5. Biasakan mencuci tangan secara menyeluruh terutama setelah menggunakan toilet dan sebelum makan. 
  6. Gunakan pembersih antiseptik untuk membersihkan toilet, wastafel, kursi toilet, atau pispot yang digunakan anggota keluarga yang mengembangkan hepatitis. 
  7. Karena jarum suntik bisa menjadi sumber utama infeksi hepatitis, hindari penggunaan nark*ba. 
  8. Selain penggunaan jarum, penggunaan pisau cukur bersama-sama juga bisa meningkatkan resiko tertular. Gunakan pisau cukur secara pribadi. 
  9. Virus hepatitis juga ditularkan melalui kontak sek*ual, jadi hindari pergaulan bebas.

Selain penyakit hepatitis, Banyak penyakit lain yang jauh lebih mudah untuk menular misalnya tuberkulosis paru. Dengan begitu, jika Anda melakukan hidup sehat serta sering membersihkan lingkungan sehat, tidak hanya mencegah virus hepatitis saja, tapi beberapa virus penyebab penyakit lainnya juga dapat dicegahnya. Maka dari itu, kebersihan lingkungan memang perlu di lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar