Senin, 23 April 2018

Tanaman Herbal Adem Ati Untuk Kesehatan


Tanaman adem ati memiliki nama ilmiah litsea glutinosa yang hidup di hutan dataran rendah dan sedang di wilayah Asia, terutama yang di daerah yang memiliki iklim hangat. Di Indonesia sendiri adem ati memiliki penyebutan nama yang berbeda-beda seperti di daerah sunda disebut dengan "malih", di daerah KalBar di sebut "wuru lilin", di daerah Jawa "wuru beling", dan di daerah Bangka "Malai". Itulah negara Indonesia yang multikultural dengan ragam bahasa yang sangat kaya. Kayu yang dihasilkan dari tanaman adem ati ini cukup memiliki kualitas yang tinggi untuk dijadikan sebagai papan sehingga sering di manfaatkan kontruksi mebel untuk membuat kayu-kayu lapis dan pahatan.
Baca Juga: 

OBAT MATA MINUS

Di Indonesia sendiri tumbuhan ini telah jarang di temui sehingga menjadi salah satu koleksi yang di tanam di Kebun Raya Bogor, Jawa barat. Meskipun begitu, tanaman ini juga masih bisa ditemukan di daerah Cianjur, Bangka Belitung, Lampung dan Jambi.

Buah dari tanaman adem ati ini banyak digemari oleh anak-anak karena rasanya yang manis. Adapun lemak yang dikandung dari biji adem ati ini mencapai sekitar 40% sehingga bisa digunakan untuk dijadikan lilin, maka dari itulah ada yang menyebutnya waru lilin. Tanaman ini memnag cukup memakan waktu untuk mengahsilkan buah larena bisa memakan waktu sekitar 5-6 tahunan. 

Manfaat dari adem ati sendiri, sesuai degan penamaan dari tanaman ini yaitu mampu mengademkan (meredakan) gejala sakit perut
Selain dari itu, bagian akar adem ati biasa digunakan menyembuhkan masalah penyakit bagian dalam seperti untuk mengatasi mencret, kencing manis, radang pada usus.
Baca Juga: 

OBAT KANKER KELENJAR GETAH BENING

Ada pula manfaat dari kulit kayu dan juga daunnya ialah untuk mengatasi bisul, radang kulit, mengatasi radang kulit bernanah, radang payudara, untuk mengurangi rasa sakit pada bagian kulit yang sedang meradang, mengatasi kaki yang terkilir, mengatasi luka memar, meredakan sakit pada reumatik dan juga meredakan sakit pada bagian persendian dengan menjadikannya sebagai salep untuk pemakaian bagian luar tubuh. Hanya bagian luar tubuh saja ya, itu perlu kita di ingat.

Jadi pada intinya, memang adem ati bisa dikatakan sangat efektif untuk membantu mengatasi berbagai macam luka pada bagian luar tubuh. Karena memiliki berbagai macam kandungan senyawa yang memang baik untuk mengatasi hal-hal tersebut.
Semoga beberapa uraian yang menjelaskan tentang fungsi dari tanaman adem ati ini bisa bermanfaat untuk pembacanya. Syukron J

Baca Juga: 

OBAT MATA KATARAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar