7 Pola Hidup Rasulullah

7 Pola Hidup Rasulullah

Ternyata, Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang menjaga pola makan.
Dream - Pola hidup sehat telah menjadi idaman banyak orang. Keteraturan menjadi kata kuncinya.

Selain pola hidup, kesehatan juga dipengaruhi oleh pola makan. Banyak referensi yang mengatur pola makan agar kesehatan tetap terjaga.

Ternyata, Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang menjaga pola makan. Maka, sebagai umatnya, tak salah menjadikan pola makan yang dijalani Rasulullah sebagai pijakan untuk mengatur pola makan.

Berikut pola makan dan gaya hidup sehat Rasulullah,

1. Segelas air dingin dicampur madu asli untuk sarapan

Yang pertama dilakukan oleh Rasulullah SAW untuk hidup sehat dengan sarapan di pagi hari. Menu sarapan Nabi Muhammad yaitu segelas air dingin dicampur dengan madu asli.

Dari sudut pandang dunia medis, madu berfungsi sebagai obat yang memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah dapat mengaktifkan usus dan membersihkan lambung. Tidak hanya itu, madu juga dipercaya dapat menyembuhkan peradangan, sembelit dan wasir.

2. Tujuh buah kurma di waktu Dhuha

Selain sarapan, Rasulullah SAW juga mengkonsumsi 7 kurma matang pada saat memasuki waktu Shalat Dhuha yakni waktu pagi menjelang siang. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang mengkonsumsi tujuh buah kurma, maka dia akan terlindungi dari segala jenis racun”.

3. Roti dicampur cuka dan minyak Zaitun untuk makan siang

Pada waktu makan siang, Rasulullah SAW mengonsumsi roti dicampur cuka dan minyak zaitun. Jenis makanan yang dikonsumsi oleh Rasulullah tersebut memiliki banyak manfaat, di antaranya mencegah kepikunan, lemah tulang hingga kanker. Bahkan, juga dapat menjaga suhu tubuh tetap hangat saat musim dingin.

4. Sayuran di malam hari

Pola makan Rasulullah selanjutnya adalah ketika malam hari suka makanan sayuran. Tidak hanya itu, Rasul juga kerap mengonsumsi tsarid, campuran daging dan roti yang dicampur dengan kuah air masak.

Labu air merupakan buah kesukaan Rasulullah. Labu air dapat mencegah penyakit gula. Selain itu, Rasulullah juga suka mengonsumsi buah anggur dan juga susu.

5. Tidak langsung tidur setelah makan

Rasulullah SAW juga tidak langsung tidur setelah makan. Beraktivitas secara ringan agar makanan dapat dicerna dengan baik oleh lambung. Biasanya aktivitas Rasulullah SAW tersebut yaitu sholat.

6. Berolahraga ringan

Rasulullah juga menjaga kesehatannya dengan cara berolahraga. Biasanya beliau melakukan olahraga ringan seperti bermain dengan putera-puteri dan cucunya. Tidak hanya itu, beliau juga pernah lomba lari bersama istrinya, Aisyah.

7. Tidur lebih awal dan tidak begadang

Pola hidup sehat yang terakhir yaitu tidur lebih awal. Dia tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Maka dari itu, beliau tidur lebih awal setelah Sholat Isya dan mengobrol sebentar. Tujuannya, yaitu agar beliau dapat bangun untuk Sholat Tahajud dan Subuh.

Share on Google Plus

About Berita Online

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar