Senin, 27 Maret 2017

Apa! Mie Instan Sama Bahayanya Kayak Narkoba

Apa! Mie Instan Sama Bahayanya Kayak Narkoba

Siapa sih yang bakal nolak setiap kali ada yang nawarin mie instan yang selama ini menjadi makanan kesukaan sejuta umat? Hampir semua orang (termasuk kamu) pasti suka banget sama makanan yang satu ini, kan? Selain gampang bikinnya, mie instan juga punya rasa yang enak dan bikin kita selalu ketagihan, ya meskipun semua orang juga sudah tau kalau mie instan itu punya efek buruk buat kesehatan mereka.

Enak di awal, bahaya di akhir. Wah, sama bahayanya kayak narkoba, yah! Nah, biar kamu makin paham tentang bahaya dari mie instan, yuk simak perjalanan mie instan saat masuk ke pencernaan manusia berikut ini!

Lambung Susah Mencerna

Lambung Susah Mencerna
Jadi, seperti yang dilansir dari Healthy Food House, sebuah eksperimen yang dilakukan oleh Dr.Braden Kuo dari Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat, berhasil mengungkap kondisi perut dan pencernaan manusia setelah mengonsumsi mie instan. Ia melakukannya dengan memasukkan kamera seukuran pil ke dalam tubuh untuk menelitinya.
Bahaya Mie Instan
Nah, hasil penelitiannya menunjukkan kalau selama hampir 2 jam mie instan ini tetap tidak bisa dicerna oleh lambung dan bentuknya masih tetap sama seperti saat ditelan, lho! Hal ini dikarenakan mie instan tidak mengandung serat, tapi lebih banyak mengandung bahan kimia yang justru akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih berat dan membutuhkan waktu yang lama untuk mencernanya. Tidak hanya itu, proses penyerapan nutrisi dalam tubuh pun ikut terganggu.

Tubuh Menyerap Senyawa Beracun TBHQ

Tubuh Menyerap Senyawa Beracun TBHQ
Apa itu TBHQ? TBHQ atau Tersier Butil Hidroksi Quinolin merupakan ampas atau sisa dari hasil pengolahan petroleum dan biasanya dicantumkan sebagai antioksidan dalam kemasan makanan. Tapi, antioksidan ini berbeda dengan antioksidan alami yang dibutuhkan oleh tubuh, melainkan bahan kimia sintetis dengan kandungan antioksidan yang membuat mie instan awet dan tahan lama. Bayangkan, jika satu gram TBHQ yang masuk ke dalam tubuh saja akan menyebabkan mual, muntah, halusinasi, dan sensasi mirip tercekik hingga pingsan, bagaimana jika TBHQ yang masuk ke dalam tubuh sebanyak lima gram? Sungguh berbahaya!

MSG Berbahaya Untuk Saraf dan Otak

MSG Berbahaya Untuk Saraf dan Otak
Semua orang juga pasti sudah tahu kalau kandungan MSG (monosodium glutamat) dalam bumbu mie instan adalah hal yang berbahaya. Parahnya lagi, MSG merupaka obat penggemuk yang paling ampuh dan sering digunakan untuk kepentingan percobaan, lho! Kebayang kan gimana seramnya? Nggak hanya itu, molekuk beracun yang terkandung dalam MSG juga mampu membuat sel-sel saraf bekerja terlalu berlebihan dan bisa menyebabkan kerusakan bahkan kematian. Sedangkan gangguan saraf dan otak yang bisa terjadi adalah penyakit alzheimer dan parkinson.

Wanita yang Banyak Mengonsumsi Mie Instan Bisa Terserang Diabetes Tipe 2 dan Penyakit Kardiovaskular

Bisa Terserang Diabetes Tipe 2 dan Penyakit Kardiovaskular
Terganggunya proses penyerapan nutrisi dalam tubuh hanya akan menyebabkan penumpukan lemak yang nggak sehat, dan ini sangat berbahaya khususnya untuk wanita. Mereka akan dengan mudah mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, gula darah, dan masih banyak gejala gangguan metabolik lainnya. Resiko terburuknya adalah penyakit diabetes dan penyakit kardiovaskular akan sangat mudah menyerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar