Gatal Selangkangan Bisa Kambuh, Begini Cara Mencegahnya

Gatal Selangkangan Bisa Kambuh, Begini Cara Mencegahnya,- Gatal di selangkangan atau dalam bahasa medis disebut tinea cruris merupakan penyakit kulit yang bersifat kambuhan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan guna untuk menghindari kambuhnya di kemudian hari.

Gatal Selangkangan Bisa Kambuh, Begini Cara Mencegahnya


Selain kambuh, penyakit ini juga bisa menular pada orang di sekitar Anda, sumber penularan bisa melalui lingkungan yang lembab, kontak secara langsung dengan penderita, atau bahkan pakaiannya yang masih ada jamur yang menempel. Untuk itu, untuk menurunkan risikon penularan dan pencegahan kambuh lagi, diharuskan Anda untuk menjaga kebersihan. Sebab jika kondisi lingkungan buruk maka sumber penularan dan risko terjadinya kambuh sudah pasti masih ada.

Tips Mencegah Gatal Selangkangan Kambuh


Agar tidak kambuh, hindari kelembapan berlebih pada selangkangan. Solusinya, Anda jangan memakai celana dalam terlalu ketat atau berbahan sintetis. Sebaiknya, gunakan bahan katun saja dan diganti bila habis olahraga atau banyak keringat.

Kemudian, Menjaga berat badan agar tidak kegemukan dengan makan seimbang dan olahraga teratur. Sebab, penurunan berat badan bisa berpengaruh signifikan untuk menekan risiko tumbuhnya jamur di selangkangan.

Cara berikutnya untuk mengindari kambuhnya gatal selangkangan, yakni mandi teratur dan dengan sabun mandi. Setelah itu keringkan daerah selangkangan agar bersih dan kering. Selanjutnya, bersihkan pekarangan, mandikan binatang peliharaan dan bersihkan kandang peliharaan juga bisa mencegah jamur penyebab gatal selangkangan kambuh lagi.

Cara lain untuk menghindari dan tertular dai gatal selangkangan, sebaiknya Anda juga menghindari berbagi handuk atau pakaian dengan orang lain, Jangan terlalu lama mengenakan pakaian atau celana lembab atau basah serta Jangan mencoba langsung ketika beli pakaian dalam atau pakaian renang

Yang terakhir, Atur ventilasi dan masuknya sinar matahari agar tidak lembap. Serta mencuci tangan jika sudah bersentuhan dengan alat atau binatang yang kita anggap menjadi sumber penularan.

Selain itu, konsultasi ke dokter untuk check up apabila Anda sering mengalami gatal selangkangan atau terkena infeksi jamur kulit yang lain. Jangan khawatir mencari pengobatan sebab kini tersedia salep gatal selangkangan di apotik tuntaskan keluhan ke akarnya.

Share on Google Plus

About Nita Nurullita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar