Perbedaan Eksim Kering dan Basah

Eksim atau eksema merupakan peradangan pada kulit yang akan menyebabkan kulit menjadi gatal, merah, ruam serta terlihat kering seeperti pecah-pecah.



Ada 2 jenis eksim yang umum dan biasa terjadi di Indonesia, yaitu eksim kering dan basah. Keduanya tentu memiliki kemiripan serta perbedaan tersendiri yang kadang dulit untuk diberdakan. Untuk itu, berikut kami berikan penjelasan mengenai Perbedaan Eksim Kering dan Basah berikut ini

Perbedaan Eksim Kering dan Basah

  • Eksim Kering


Eksim kering adalah eksim atau gatal penebalan kulit yang tanpa disertai basahnya daerah kulit tsb. Penyebaran eksim kering biasanya terbilang jauh lebih lamban, tidak menular dan hanya bertahan beberapa waktu lama.

Ciri Eksim Kering

  • Warna lebih hitam, hitam ini sebenarnya indikasi bahwa sudah ada pengeringan, karena sel kulit usianya 28 hari, maka hitam ini tanda kulit mati.
  • Tidak selalu gatal, muncul sewaktu waktu saja. Eksim kering sifat gatalnya hanya beberapa waktu saja, misal malam hari atau sehabis makan makanan yg menjadi penyebab gatal, ayam potong, lele, gurame.
  • Sifatnya lebih lama, eksim kering biasanya terjadi sudah lama, berumur antara 1 tahun lebih. Eksim kering bisa bertahan bertahun tahun jika tidak segera diobati.

Eksim Basah


Seperti namanya, eksim basah adalah eksim yang berair, berwarna merah dan relatif sering tumbuh yang baru. Rasa gatal akan lebih sering karena aktifitas bakteri yg tinggi. Eksim ini lebih mudah menyebar, maka penderita jangan sampai terlalu sering terkena air. 

Ciri Eksim Basah

  • Warna eksim basah cenderung merah, eksim ini terjadi pada orang yg daya tahan tubuhnya lebih lemah, eksim basah lebih cepat menyebar karena kondisi virus lebih banyak daripada eksim kering.
  • Gatal lebih sering muncul, karena jumlah virus, kuman lebih banyak dan area lebih basah, maka eksim basah muncul rasa gatalnya lebih sering, ketika berkeringat rasa gatal akan menjadi jadi,
  • Sifat eksim basah cenderung adalah eksim baru, eksim yang muncul baru beberapa minggu. Eksim basah lebih cepat disembuhkan dari eksim kering. Tapi penyebarannya lebih cepat, eksim ini lebih mudah menular karena virus/bakterinya masih sangat aktif
Info tentang obat eksim yang paling baik dan ampuh kunjungi situs selengkapnya disini : Obat eksim kering
posted by : kesehatan untuk seluruh alam
Share on Google Plus

About Nita Nurullita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar