Penyebab Kista pada Wanita yang Belum Menikah

Kista merupakan penyakit yang tentu Anda bahkan saya sendiri merasa takut apabila mendengarnya. Bagimana tidak, gejala yang ditumbulkan seperti rasa sakit yang menyiksa, mendengarkan dan membacanya saja sudah sangat menakutkan. Tapi jangan pernah berlarut dalam rasa takut tsb, lebih baik segera mengatasinya sebelum memang semuanya akan terlambat. site: Obat Kista Di Apotik



Kista merupakan penyakit sejenis tumor jinak. Penyakit tumor ini berbentuk seperti kantung yang berisi cairan. Penyebab kista sendiri memang beragam dan kadang kala kita juga tidak menyadarinya.

Kista dapat terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali pada wanita yang belum menikah. Namun banyak sekali pertanyaan yang di lontarkan bahwasanya, Mengapa kista tumbuh pada wanita yang belum menikah?

Faktor penyebab kista baik pada wanita yang sudah ataupun yang belum menikah memang beragam dan tidaklah jauh berbeda. Mulai dari faktor genetik, sering stress, kurang olahraga, kurang serat dan vitamin, sering terkena polusi, mengkonsumsi alkohol, menstruasi pada usia dini, pernah menjalani kemoterapi, perut yang senantiasa buncit dan lain sebagainya.
Namun, Menurut salah satu dokter specialis, Dr. Infan Mulyana Mustofa, SpOG dari RSUD Leuwiliang Bogor beliau menyebutkan bahwa wanita yang sudah menopause yang usianya diatas 50 tahun memiliki rekiko tinggi terhadap kista ovarium. Semakin tinggi faktor resikonya maka peluang seseorang untuk terkena kista ovarium juga tinggi. Namun sebab munculnya kista bisa karena banyak hal dan tidak pasti seperti halnya kanker mulut rahim (endometriosis). Itu berarti, kista pada wanita muda atau wanita yang belum menikah memang jarang terjadi, dan lebih sering terjadi pada wanita 50 tahun pada masa menopause
Penyebab lain penyakit kista pada wanita yang belum menikah adalah karena kegagalan folikel (kantong telur) berovulasi, keturunan, siklus haid tidak lancar bahkan berlebihan karena terjadinya ketidakseimbangan hormon. Selain itu, terjadinya peningkatan distribusi lemak pada bagian tubuh juga merupakan penyabab tumbuhnya kista pada wanita yang belum menikah.

Selain itu, haid yang sangat sedikit atau sangat banyak juga dapat menjadi ciri-ciri penyakit kista. Perubahan pola haid yang tidak teratur, sakit nyeri pada pinggang, pembesaran pada bagian perut, bahkan benjolan yang terdapat pada bagian perut dapat menjadi sinyal-sinyal bagi anda. Bagi anda yang tidak menginginkan penyakit ini dapat segera memeriksakannya ke dokter terdekat.

Itulah sedikit penjelasan tentang bagimana dan apa penyebab dari tumbuhnya kista pada wanita yang belum menikah. Semoga dengan membaca artikel ini sedikit atau banyaknya bisa menambah pengetahuan Anda serta kewaspadaannya terhadap penyakit kista.

Share on Google Plus

About Nita Nurullita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar