Senin, 27 Februari 2017

Kunci Sukses Perawatan Luka Diabetes

Kunci Sukses Perawatan Luka Diabetes,- Seperti namanya, luka diabetes merupakan komplikasi tersering yang di timbulkan dari penyakit diabetes itu sendiri. Dimana kadar gula darah senantiasa tinggi sehingga merusak aliran darah dan juga syaraf-syaraf.



Kriteria luka diabetes biasanya luka sukit sembuh, namun kadang penderita kurang sensitif terhadap nyeri pada luka, sehingga seringkali luka tsb disadari kerika luka sudah mengeluarkan cairan/nanah atau terjadi infeksi.

Untuk merawat luka diabetes supaya cepat kering dan sembuh seperti semula memang memerlukan perawatan ekstra serta perhatian dan kesabaran dalam menanganinya.
Menurut Donna Savitry, Spesialis Bedah Plastik - Rekonstruksi dan Estetik, ada beberapa kunci sukses keberhasilan perawatan luka akibat diabetes.

“Kunci untuk terjadinya penyembuhan luka yang cepat adalah luka harus dalam keadaan bebas kuman, virus, jamur, bakteri, dan mikroorganisme lainnya. Selain itu luka juga harus dalam keadaan lembap, tidak basah atau tidak kering,”
Dengan memenuhi kedua proses kunci utama tersebut, kesembuhan pada luka diabetes bukan seseuatu yang mustahil lagi. penderita penyakit diabetes juga bisa mengontrol kadar gula darahnya dengan lebih baik. hal tersebut sangatlah penting, karena luka diabetes tersebut bisa menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Begitujuga sebaliknya, kadar gula darah yang sangat tinggi bisa menyebabkan resiko munculnya luka semakin besar.

Baca Juga : Obat Luka Diabetes Basah


Selain itu, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu Anda dalam merawat luka diabetes yang dapat dilaukan oleh keluarga atau kerabat di rumah sendiri.

  • Sering mencuci tangan
  • Berpakaian yang nyaman  atau menghindari pemakaian kaus kaki yang ketat, hal ini dapat mengurangi sirkulasi darah ke kaki.
  • Memangkas kuku, namun dengan cara yang hati² atau sudah direkomendasi oleh dokter.
  • Menjaga makanan yang baik untuk menghindari kondisi luka menjadi lebih buruk
  • Berhenti merokok
  • Sering bersihkan kulit pada sekitar area luka, untuk mencegah infeksi berkembang
  • Hindari sering menggaruk kulit pada sekitar area yang terdapat luka
  • Selalu memakai alas kaki

Itulah beberapa tips merawat luka diabetes guna untuk mendapat kesembuhan yang Anda inginkan, semoga berhasil dan bermanfaat untuk semuanya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar