Struktur dan Fungsi Ginjal Manusia

Ginjal manusia menyerupai bentuk biji kacang merah atau menerupai kacang buncis berwarna coklat. Ginjal terletak di dalam rongga perut bagian belang, tepatnya di sebalah kanan kiri tulang pinggang. karena itu, ginjal sering disebut sebagai buah pinggang.


Untuk mengetahui Struktur dan Fungsi Ginjal Manusia, berikut deskripsi singkat dari bagian-bagian ginjal tersebut, diantaranya :

  • Hilus Renalis 

    Hilus Renalis adalah bagian ginjal yang merupakan lekungan ke arah dalam pada bagian tepi ginjal. Hilus Ginjal berfungsi sebagai tempat masuknya pembuluh darah, pembuluh limfatik, pembuluh saraf, dan ureter ke ginjal. 

  • Kapsul Ginjal

    Kapsul ginjal memiliki tekstur halus, transparan, yang dikelilingi membran fibrosa, membungkus, dan melindungi ginjal. Setiap ginjal memiliki kapsul ginjal (lapisan luar), yang membantu untuk mempertahankan bentuk ginjal serta melindunginya dari kerusakan. Kapsul ginjal itu sendiri dikelilingi oleh jaringan lemak yang juga membantu melindungi ginjal dari kerusakan karena tekanan atau gerakan tiba-tiba.

  • Korteks ginjal

    Korteks ginjal adalah bagian terluar dari ginjal dan memiliki warna kemerahan. Korteks ini memiliki tekstur halus dan merupakan lokasi Kapsul Bowman dan glomeruli, selain itu tubulus proksimal dan distal serta terkait dengan persediaan darah (struktur ini adalah bagian dari nefron ginjal) juga terletak pada korteks

  • Medula ginjal

    Medula ginjal bagian dalam ginjal. “Medulla” berarti “bagian dalam”. Daerah ini adalah daerah lurik (bergaris) berwarna merah-coklat.

  • Piramida ginjal

    Ada sekitar 5-18 struktur segitiga lurik disebut ” Piramida Ginjal ” di dalam medula ginjal setiap ginjal. Munculnya tanda khusus disebabkan banyak tubulus lurus dan pembuluh darah di dalam piramida ginjal.

  • Pelvis ginjal

    Pelvis ginjal merupakan cekungan berbentuk corong (rongga) yang menerima urin yang dialirkan dari nefron ginjal melalui saluran mengumpulkan dan kemudian (lebih besar) saluran papiler.

  • Arteri Ginjal

    Arteri ginjal memberikan darah beroksigen ke ginjal. Arteri utama ini terbagi menjadi banyak cabang yang lebih kecil karena memasuki ginjal melalui hilus ginjal. Arteri ini dibagi menjadi pembuluh yang lebih kecil seperti arteri segmental, arteri interlobar, arteri arkuata dan arteri interlobular. Ini akhirnya terpisah menjadi arteriol aferen, salah satunya melayani setiap nefron dalam ginjal.

  • Vena Renalis

    Vena renalis menerima darah terdeoksigenasi dari vena peritubular dalam ginjal. Ini menggabungkan interlobular, arkuata, interlobar dan vena segmental, yang pada gilirannya, memberikan darah terdeoksigenasi melalui vena ginjal, yang dikembalikan ke sistem peredaran darah sistemik.

  • Arteri Interlobular

    Arteri interlobular memberikan darah beroksigen pada tekanan tinggi ke kapiler glomerulus.

  • Vena Interlobular

    Vena interlobular menerima darah terdeoksigenasi (pada tekanan rendah) yang mengalir dari filtrasi glomerulus dan dari Loops of Henle.

  • Nefron

    Nefron ginjal adalah unit fungsional ginjal. Ini adalah organ yang benar-benar melakukan fungsi utama ginjal. Ada sekitar satu juta nefron dalam setiap ginjal.

  • Saluran pengumpul

    Saluran pengumpul adalah bagian dari nefron ginjal. Tubulus berbelit-belit Distal banyak nefron kosong ke dalam mengumpulkan saluran tunggal. Banyak saluran pengumpul seperti bersatu untuk mengalirkan urin dari ginjal ke saluran papiler, kemudian ke kelopak kecil, selanjutnya ke kelopak besar (di pusat ginjal), dan akhirnya ke dalam ureter dimana urin meninggalkan ginjal dan menuju ke kandung kemih.

  • Ureter

    Ureter adalah struktur di mana urin disampaikan dari ginjal ke kandung kemih.
 Demikian penjelasan mengenai bagian-bagian ginjal dan fungsinya, semoga bermanfaat :)

posted by : kesehatan untuk seluruh alam
Baca Juga : cara menyembuhkan penyakit ginjal
Share on Google Plus

About Nita Nurullita

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar